Cara Tumbuhan Melindungi Diri Yang Unik

Cara Tumbuhan Melindungi Diri Yang Unik

Virginiacapitalredcross –┬áSemua makhluk hidup, seperti tumbuhan, umumnya memiliki insting alami yang dapat mempertahankan diri saat terancam bahaya. Tumbuhan memiliki beberapa mekanisme perlindungan diri untuk melindungi diri dari serangan makhluk hidup lainnya.

Mekanisme perlindungan tanaman berbeda karena tidak seperti makhluk hidup lain seperti manusia atau hewan, mereka dapat bergerak bebas saat bertarung atau membela diri.

Tumbuhan dapat melindungi dirinya sendiri dengan beberapa cara, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mechanisms of Plant Defense Against Insect Herbivores.

Jenis tumbuhan mempengaruhi berapa banyak hal yang dapat dilakukan oleh tumbuhan tersebut. Misalnya, cara Anda melindungi diri dari semak-semak akan berbeda dengan cara Anda melindungi diri dari tanaman hias. Berikut adalah contoh dan bagaimana tumbuhan melindungi diri dari musuhnya saat terancam bahaya:

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara tumbuhan melindungi dirinya sendiri memiliki beberapa mekanisme, cara pertama tumbuhan melindungi dirinya dari musuh adalah melindungi dirinya dengan cara menumbuhkan duri pada batang, daun atau buahnya. Tentu saja, strategi ini cukup berhasil. Predator akan takut untuk mendekat karena duri yang keras.

Beberapa tanaman memiliki sistem pertahanan diri yang dapat mereka gunakan untuk melindungi diri. Dan bentuk atau jenis tumbuhan yang melindungi dirinya dengan tumbuh duri adalah :

1. merah muda

Anda mungkin sudah tahu bahwa mawar mengandung duri di batangnya. Oleh karena itu, pendekatan ini melindungi Anda dari serangan dan sarang hewan.

2. Buah durian

Sulit untuk membuka buah durian tanpa menggunakan alat. Belum lagi banyaknya duri yang bertebaran di kulitnya. Itu adalah strategi yang dia gunakan untuk mencegah makhluk hidup lain mengonsumsi buah tersebut.

3. kaktus

Tahukah Anda bahwa Anda bisa makan kaktus? Ya, batang kaktus digunakan untuk membuat masakan Meksiko bernama Nopales.

Jadi bagaimana kaktus melindungi diri mereka sendiri? Kaktus melindungi dirinya sendiri dengan memiliki duri di sekujur tubuhnya untuk mempersulit pemangsa untuk melahapnya. Selain memberikan perlindungan, duri juga membantu mengurangi penguapan air.

Racun yang dimiliki tanaman adalah alat perlindungan kedua mereka. Karena dapat menyebabkan kematian akibat keracunan, sistem ini berpotensi untuk menghalangi predator. Akibatnya, tidak ada yang mendekati area tersebut. Cara tanaman melindungi diri dari penggunaan racun meliputi:

4. Biji jarak

Biji jarak pagar mengandung racun yaitu ricin (untuk jenis kepyar) dan curcin (untuk jenis daun jarak pagar). Jika kedua bahan kimia ini digunakan, dapat menyebabkan penggumpalan darah dan pendarahan dari sistem pencernaan.

5. kecubung

Bunga kecubung berbentuk terompet cukup mudah dikenali. Kecubung melindungi dirinya dengan membuang racun, meskipun banyak obat tradisional yang menggunakan kecubung ini sebagai bahannya. Namun, perawatannya harus tepat dan hati-hati.

Hal ini disebabkan adanya racun jarak pada batu kecubung yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan diare, dehidrasi, kehilangan fungsi hati dan bahkan kematian.

6. Kamboja

Kamboja dikenal sebagai tanaman yang menghasilkan getah dalam jumlah banyak dan tentunya memiliki rasa yang pahit. Bahkan, jika Anda tidak sengaja menyentuh bunganya, Anda akan merasakan getahnya yang pahit.

7. Pohon karet dan chicozapote

Jika pohon medlar atau karet dipotong, getahnya akan mengalir. Merupakan alat pertahanan diri karena getah yang sangat lengket dapat menjebak hewan yang hinggap di batang pohon.

Namun getah loquat dan karet memiliki beberapa kegunaan dalam kehidupan manusia, sebagai bahan baku lateks alam atau bahan baku pembuatan ban.

8. Nangka

Nangka juga mempertahankan diri dengan mengeluarkan getah. Banyak orang yang ragu untuk mengkonsumsi buahnya karena getah putih yang dihasilkannya dapat mengotori tangan dan mempersulit pembersihan.

Sumber:

Berita Riau