Ternyata Ini Bedanya Giro Dengan Tabungan

Apa Perbedaan Tabungan, Giro Dan Deposito? Berikut Ulasannya - Pranata  Printing

Sebenarnya masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai perbedaan giro dan tabungan. Bahkan, tak sedikit pula dari mereka yang menganggap bahwa keduanya adalah serupa.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena giro dan tabungan merupakan produk yang memang paling sering dijumpai dalam bidang perbankan.

Meski memiliki tujuan yang sama, nyatanya giro dengan tabungan memiliki berbagai perbedaan yang sangat signifikan lho.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan antara rekening giro dengan tabungan.

Lantas, seperti apa sajakah perbedaannya? Nah, biar kamu gak penasaran mendin g simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Pengertian Giro

Pada dasarnya, giro merupakan salah satu produk perbankan yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi serta penyimpanan uang dalam bentuk giral.

Giral itu sendiri berupa surat berharga yang bisa dirubah dalam bentuk uang melalui bank bersangkutan maupun memanfaatkan layanan dari kantor pos.

  1. Pengertian Tabungan

Seperti halnya giro, tabungan juga merupakan produk perbankan. Namun, produk ini dikemas dalam bentuk simpanan.

Pada umumnya, tabungan dimiliki oleh perorangan maupun perusahaan. Pada layanan simpanan ini, ada ketentuan seputar jumlah uang yang bisa ditarik dan maksimal penyimpanannya.

Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan yang berdasarkan kebutuhan dan kemampuan finansial.

  1. Perbedaan Jumlah Transaksi

Giro dan tabungan kerap dianggap sama, karena keduanya bisa menjadi produk perbankan yang difungsikan sebagai media penyimpanan uang.

Kendati demikian, perbedaan giro dengan tabungan bisa dilihat dari jumlah maksimal transaksinya. Biasanya, tabungan menyediakan jumlah maksimum transaksi yang lebih terbatas dari giro.

Tak seperti giro yang jumlah transaksinya lebih tinggi, karena kerap digunakan untuk menunjang kegiatan bisnis.

  1. Perbedaan Pencairan Dana

Selain jumlah transaksi, perbedaan giro dengan tabungan juga terdapat pada proses pencairan dana.

Pada rekening tabungan, biasanya proses pencairan dana kerap dilakukan melalui mesin ATM. Tak hanya itu, para nasabah yang mempunyai tabungan juga bisa melakukan pencairan dana melalui teller di bank.

Dengan kata lain, pencairan dana pada produk tabungan hanya bisa dilakukan oleh si pemilik rekening saja.

Lain halnya dengan rekening giro, yang mana pencairan dananya tidak terbatas oleh mesin ATM. Ya, pemilik giro pun bisa mencairkan dananya dengan menggunakan cek serta bilyet giro.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, pihak ain yang mempunyai cek dan bilyet giro juga bisa melakukan penarikan uang ke bank.

  1. Perbedaan Sasaran Pengguna

Inilah hal yang menjadi pembeda diantara giro dengan tabungan. Secara umum, tabungan biasanya ditujukan bagi individu maupun perusahaan yang sebenarnya tidak mempunyai aktivitas transaksi keuangan yang tidak terlalu tinggi.

Disisi lain, giro biasa digunakan oleh individu atau perusahaan dengan aktivitas transaksi keuangan yang lebih tinggi dan nominal relatif besar.

Kamu bisa mempertimbangkan produk perbankan manakah yang cocok untuk kebutuhan, entah itu giro atau tabungan.

  1. Perbedaan Waktu Transaksi

Perbedaan berikutnya antara giro dengan tabungan, yakni terdapat pada waktu transaksinya. Dalam hal ini, tabungan bisa bisa melakukan transaksi kapan saja tanpa harus menuliskan tanggal efektif terlebih dulu.

Lain halnya dengan rekening giro, yang mana waktu transaksinya relatif terbatas karena tersedia tanggal terbit dan tanggal efektif dalam bilyet gironya.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai berbagai perbedaan antara rekening giro dengan rekening tabungan. Jadi, kamu pilih rekening giro atau tabungan?